6 (enam) Tahun Pemerintahan SBY dan Wajah Hukum Negeri-ku

Jakarta,Demokratis

Periode II pemerintahan SBY yang sudah berumur selama 6 tahun Indonesia mengalami perubahan. Terutama sekali dalam bidang Hukum. Melihat Wajah Hukum di Indonesia. Saat ini sedang terjadi tarik menarik kepentingan. Hukum yang idealnya berada pada porsi yang berdiri sendiri sebagai sebuah institusi yang netral, tapi masih saja tarik menarik dalam proses penegakannya. Akankah Hukum di Indonesia dapat dibangun dalam bingkai negara Indonesia yang sedang mencari bentuk sistem ini.

Judul di atas menjadi tema dari diskusi  hari Minggu tgl 24 oktober 2010, jam 12.30 yang di adakan LPHSN. Pembicara dalam diskusi ini:

1.Prof.Dr. Achmad Mubarok (Wakil Ketum Partai Demokrat).

2.Dr.J Kristiadi (Pengamat Politik CSIS)

3.Dr.Bibit S Rianto (Pimpinan KPK).

4.Achmad Rifai (Bibit-Chandra)

Diskusi yang di hadiri sejumlah wartawan , aktifis dan Advokad. diantaranya terlihat Syahrul Arubusman,SH, Purkoni,SH (Advokad), Adhi Masardi (Aktifis), serta aktisis ormas pemuda lainnya: A.Rouf (Sekjen Gerakan Pemuda Sehat), Idham Khalid( Wakil Sekjen PP GP. Ansor), H. Wahyuddin Gozali ( Pimpinan Pengelola Pers Ansor), Yusdi Efrizal (Wartawan Gerak Indonesia) dll. Dalam Diskusi ini nara sumber berbicara dalam kapasitasnya masing-masing. Prof.Dr.Achmad Mubarok lebih menekankan  pembicaraan pada aspek psikologis dan budaya masyarakat yang dalam penjelasannya sedikit berbau sufi (Tasauf), sedangkan Dr.J Kristiadi lebih pada kapasitasnya sebagai pengamat Politik di Indonesia. Sedangkan Dr.S Bibit Rianto lebih berbicara tentang tugasnya sebagai penegak hukum di KPK dan prinsip idealisnya sebagai penegak hukum. Sedangkan Achmad Rifai berbicara tentang analisisnya sebagai lawyer yang lebih menyoroti tentang terlalu campurnya pihak lain (Pemerintah) dalam Menyoroti persoalan Hukum. Sedangkan Penanya dalam diskusi ( Purkoni,SH); bicara tentang pembangunan hukum yang ideal bagi indonesia, termasuk sistem hukum. Apa dari bawah, tengah atau atas. Sedangkan Penanya lainnya ( Syahrul Arubusman,SH) Lebih Menyoroti tentang mekanisme  proses penegakan hukum yang masih simpang siur di Indonesia. Diskusi berjalan cukup Meriah dan peserta cukup serius dalam diskusi. (Addy djulizal Masdar)

About these ads
Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Post navigation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: